oleh

Kapolda Sumut Copot Jabatan AKP Ricky Pripurna Atmaja dan Iptu Ainul Yaqin

-POLRI-53 views

GO MEDAN – Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Drs Martuani Sormin, M.Si melakukan pencopotan jabatan AKP Ricky Pripurna Atmaja, SIK sebagai Kapolsek Percut Sei Tuan dan Iptu Ainul Yaqin sebagai Kanit Reskrim Polsek Medan Kota Jajaran Polrestabes Medan.

Pencopotan jabatan dua perwira lulusan Akademi Kepolisian itu terkait penyelenggaraan turnamen futsal yang menimbulkan kerumunan.

Loading...

Dalam video yang beredar di media sosial (Medsos), tampak adanya kerumunan penonton turnamen futsal di tengah pandemi Covid-19 tanpa menerapkan protokol kesehatan.

Atas hal tersebut, Kapolda Sumut, Irjen Pol Martuani Sormin kemudian melakukan tindakan tegas dengan cara mencopot Kapolsek Percut Sei Tuan, AKP Ricky Pripurna Atmaja karena dianggap lalai tidak mengetahui adanya turnamen tersebut.

Padahal turnamen itu berlangsung di GOR Mini Pancing, Percut Sei Tuan, Deliserdang yang mana merupakan wilayah hukumnya.

Selain itu, Jenderal bintang dua ini juga turut mencopot Kanit Reskrim Polsek Medan Kota, Iptu Ainul Yakin lantaran ikut serta dalam turnamen tersebut.

Kepada awak media, Rabu (03-02-2021), Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi membenarkan hal tersebut dan mengatakan, pertandingan futsal di GOR Mini milik Pemprov Sumut itu diselenggarakan di tengah pandemi Covid-19 dan melanggar aturan protokol kesehatan. Penyidik Polrestabes Medan pun telah menahan dan menetapkan panitia berinisial BG sebagai tersangka.

“Dalam keterangannya, tersangka BG nekat menyelenggarakan turnamen futsal karena mencatut nama dan logo Polda Sumut karena tersangka sebelumnya pernah menjadi PHL (Honorer) di Mapolda Sumut,” ungkap Kombes Hadi.

Lanjut Perwira Melati Tiga ini menjelaskan, setelah diselidiki dari pengakuan tersangka BG ternyata Polda Sumut maupun Polrestabes Medan tidak pernah mengeluarkan izin keramaian untuk menyelenggarakan turnamen futsal tersebut.

“Akibat dari penyelenggaran turnamen futsal ini, Kapolda Sumut mengambil langkah tegas mencopot jabatan Kapolsek Percut Sei Tuan dikarenakan lalai serta tidak mengetahui adanya turnamen futsal di GOR Mini Pancing yang merupakan wilayah hukum Polsek Percut Sei Tuan,’ terang Kombes Hadi.

Selain Kapolsek Percut Sei Tuan, tambah Kombes Hadi, Kapolda Sumut juga mencopot Kanit Reskrim Polsek Medan Kota, Iptu Ainul Yaqin karena ikut dalam turnamen tersebut.

“Tak hanya Kapolsek Percut Sei Tuan yang dicopot, Kanit Reskrim juga ikut dicopot karena ikut dalam turnamen tersebut. Sesuai instruksi Kapolda Sumut setiap yang melanggar aturan protokol kesehatan baik sipil maupun anggota Polri akan diberikan sanksi tegas,” jelasnya.

(SN Gomedan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TERKINI