oleh

Bupati Taput Diwakili Sekda Hadiri Peringati Hari Ibu ke- 91 

-PEMKAB-102 views
banner 728x90

TAPUT (Go Medan) – Bupati Tapanuli Utara, Drs. Nikson Nababan, M. Si yang diwakili Sekretaris daerah, Indra Simare-mare bersama Ketua TP. PKK Taput, Ny. Satika Nikson Nababan didampingi Kadis PPKBP3A, Sudirman Manurung menghadiri Peringati Hari Ibu ke-91 Kabupaten Tapanuli Utara Tahun 2019 di Gedung Kesenian Sopo Partungkoan, Tarutung, Senin (23-12-2019).

Acara Peringatan dengan tema ‘Perempuan Berdaya, Indonesia Maju’, tersebut juga turut dihadiri oleh Forkopimda/mewakili, Wakil Ketua DPRD Fatimah Hutabarat dan Anggota DPRD Sondang Simare- mare, para pengurus Persit Kartika Chandrakirana, Adiaksa Dharma Karini, Bhayangkari, Dharma Yukti Karini dan Dharma Wanita Persatuan Taput serta para TP. PKK Kecamatan se-Tapanuli Utara.

Loading...

Dalam sambutan Bupati Taput, Drs. Nikson Nababan, M. Si yang dibacakan oleh Sekda, Indra Simare-mare menjelaskan, peran Ibu sangat sentral dalam mensejahterakan keluarga dan memajukan pembangunan.

“Ada ungkapan yang mengatakan ‘Dibalik pria sukses ada perempuan hebat’ itu adalah kenyataan yang harus kita akui kebenarannya. Disamping itu, sesuai data bahwa pembangunan meningkat dalam 5 tahun terakhir kepemimpinan bapak Bupati Nikson Nababan namun masih ada persoalan serius yang harus kita hadapi yaitu masalah stunting,” ungkapnya.

Untuk itu, lanjut Sekda berkata, diharapkan peran serta para kaum ibu untuk turut mengatasinya, seperti aktifkan dan kembangkan apotik hidup.

“Kita juga berharap agar Dana Desa mampu mendukung program peningkatan gizi anak dan keluarga di desa. Selamat Hari Ibu ke-91, semoga melalui peringatan ini dapat menciptakan kesetaraan Perempuan dan Laki-laki pada seluruh aspek kehidupan,” ucap Sekda Indra Simare- mare mengakhiri pidato Bupati.

Pada kesempatan tersebut, Ketua TP. PKK Satika Simamora kemudian membacakan sejarah singkat Hari Ibu dan menjelaskan, lambang Hari lbu berupa setangkai bunga melati dengan kuntumnya, yang menggambarkan: kasih sayang kodrati antara ibu dan anak, kekuatan, kesucian antara ibu dan pengorbanan anak, kesadaran wanita untuk menggalang kesatuan dan persatuan, keikhlasan bakti dalam pembangunan bangsa dan negara,” terangnya.

Selanjutnya kata sambutan dari Kadis Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam laporannya mengatakan, adapun tujuan kegiatan ini untuk terwujudnya kesetaraan perempuan dan laki-laki, penguatan karakter ‘perempuan berdaya’ dan meningkatkan peran serta instansi pemerintah dan non pemerintah dalam mendorong kewirausahaan perempuan,” paparnya.

Kegiatan Peringati Hari Ibu ke- 91 ini diawali dengan beberapa perlombaan yang diikuti oleh perwakilan setiap kecamatan.

Adapun yang mendapat juara antara lain: Lomba Manirat Ulos, Juara I Lumongga Lumbantobing (Tarutung), Lomba Tata Rias, Juara I Yana Yunita Sinaga (Tarutung), Lomba Masak Ombus-ombus, Juara I Pestaria Lumbantobing (Tarutung), Pemilihan wanita tangguh dan mandiri, Juara I Urima Gultom (Pangaribuan).

Selama acara sampai dengan selesai berjalan dengan tertib dan lancar.

(Taput, Toni Go Medan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TERKINI