oleh

Babinsa Panyabungan Beri Pembekalan Materi Kedisiplinan dan Outbond 

MADINA (Go Medan) – Babinsa Koramil 13/Panyabungan Kodim 0212/Tapsel bekali ilmu kedisiplinan dengan memberikan materi Softskil kedisiplinan, latihan PBB, PPM dan Outbond kepada peserta latihan kerja yang diselenggarakan UPT Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Mandailing Natal di Kantor UPT BLK, Kab. Madina, Kel. Dalan Lidang, Kec. Panyabungan, Kab. Mandailing Natal (Madina), Minggu (22-09-2019).
Pemerintah Kabupaten Madina melalui UPT BLK lakukan berbagai upaya dalam meningkatkan ketersediaan tenaga kerja terampil dalam rangka meningkatkan kualitas dan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) dengan kegiatan pembekalan secara teknis berbagai keterampilan untuk memenuhi ketersediaan tenaga kerja terampil.
Disamping latihan secara teknis berbagai keterampilan, peserta kegiatan juga diberikan pembekalan tentang Kedisiplinan dan Outbond guna menanamkan kedisiplinan dan karakter dalam kehidupan yang diarahkan kepada terbentuknya watak seseorang yang memiliki karakter dan disiplin yang tinggi.
Serda Soprin dan Serda Herli Dinata sebagai tenaga pelatih dalam pelatihanan yang diselenggarakan UPT BLK Kab. Madina, adapun materi yang di berikan kepada peserta BLK yaitu PBB dan PPM serta materi Outbond di sampaikan oleh Serda Soprin.
Dalam materinya, Babinsa Koramil 13/Panyabungan, Serda Soprin menyampaikan tentang pentingnya kedisiplinan dan keuletan dalam bekerja bagi generasi muda sebagai tulang punggung bangsa yang kelak akan menjadi generasi penerus.  Sikap Kedisiplinan saat ini sangat diperlukan terutama bagi para pemuda, Balai Latihan Kerja merupakan sarana pemuda untuk menimba ilmu dan keterampilan harus juga memiliki sifat karakter dan kedisiplinan sehingga kedepan nantinya sebagai generasi muda penuh bakat bisa menjadi generasi yang handal.
Babinsa mengingatkan kepada para pemuda atau calon pekerja jangan mudah terpancing atau terbujuk oleh tawaran pekerjaan dengan penghasilan tinggi, gunakan akal, logika dan hati nurani dikarenakan banyak pemuda yang tertipu oleh tawaran pekerjaan yang katanya berpenghasilan besar nyatanya malah tidak mendapatkan gaji (Modus Perdagangan Manusia).
Di sela kegiatan, Serda Soprin menjelaskan, bahwa kedisiplinan merupakan pondasi dasar untuk meraih keberhasilan yang didasari sikap pantang menyerah dan ketangguhan mental.
“Kedisiplinan diri merupakan pondasi dasar meraih keberhasilan, dan tak kalah pentingnya yaitu kemampuan serta keterampilan yang didasari sikap pantang menyerah, ketangguhan mental, sehingga nantinya akan mengantarkan seseorang menjadi profesional,” ungkap Serda Soprin.
Selanjutnya, dalam pemberian pelatihan Outbond, Serda Soprin menjelaskan bahwa tujuan dari pemberian materi outbond adalah  untuk membentuk kelompok dalam permainan yang bisa memberikan peserta sebuah pengalaman baru.
Menurutnya, Kegiatan outbound di yang dilakukan di alam terbuka bermanfaat untuk meningkatkan keberanian dalam bertindak maupun berpendapat. Kegiatan outbound membentuk pola pikir yang kreatif, serta meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual dalam berinteraksi. Kegiatan ini akan menambah pengalaman hidup seseorang menuju sebuah pendewasaan diri.
Diakhir kegiatan pelatihan tersebut, dihadapan peserta latihan, Babinsa menambahkan bahwa tidak ada orang yang berhasil dan sukses tanpa didasari kedisiplinan, “sikap disiplin dalam diri adalah kunci meraih keberhasilan, tidak ada orang yang sukses tanpa kedisiplinan”. tambahnya.
Sementara itu salah satu instruktur Disnaker yang membidangi Softskil, Bapak Soleh mengatakan, bahwa dengan adanya kerjasama antara Disnaker Kab. Madina dengan Koramil 13/Panyabungan telah memberikan arah yang baik bagi perkembangan pola pikir peserta latihan kerja.
“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para peserta BLK dan bisa di lihat secara langsung hasilnya pada saat kegiatan dilapangan terutama untuk Ketepatan waktu serta sikap para peserta BLK yang semakin baik, harapan kami setelah selesai mendapat bimbingan dari pelatih dan juga tenaga ahli di setiap Cabang dapat di sosialisasikan dengan baik dalam berwirausaha di Desa mereka masing-masing,” pungkas Soleh.
(Pendim Tapsel/GM, Toni)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TERKINI