oleh

Babinsa Sosa, PPL dan Poktan Tani Jaya Giat Upsus Tanam Padi Mekongga

PALAS (Go Medan)

Babinsa Koramil 09/Sosa Kodim 0212/TS , PPL, dan Poktan Tani Jaya melaksanakan kegiatan Upaya Khusus (Upsus) penanaman padi jenis Mekongga di Ds. Pasir julu, Kec. Sosa, Kab. Padang Lawas (Palas), Senin (11 Februari 2019) dengan luas lahan lebih kurang 50 Ha.

Menurut KUPTD Kec. Sosa, Nursolatiah Hsb, S.p mengatakan, tanaman padi jenis mekongga merupakan jenis padi yang paling efektif ditanam di daerah ini karena memiliki keunggulan tahan akan serangan hama dan tidak memerlukan kandungan air yang terlalu banyak, hal inilah yang dilakukan para petani di Ds. Pasir julu, Kec. Sosa, Kab. Palas, guna mendukung swasembada pangan.

Kegiatan tersebut merupakan suatu kepedulian Koramil 09/Sosa Kodim 0212/TS dalam membantu Pemerintah daerah menyukseskan swasembada pangan di Kabupaten Palas, sekaligus melaksanakan tugas pendampingan kepada Petani dalam rangka Upsus mendukung swasembada pangan.

Menurut PPL Ds Pasir julu, Juwita Desmiati Hrp, S.p, jenis padi yang sedang dilakukan penanaman ini adalah padi mekongga, sesuai struktur tanah dan lahan yang ada di wilayah ini, agar hasil panennya melimpah.

“ Selain melakukan pendampingan perawatan padi, Babinsa koramil 09/Sosa memberikan dorongan dan motivasi kepada Petani dalam mengolah lahan sehingga program swasembada pangan di Kab. Palas dapat terwujud.

Kegiatan yang dilakukan oleh Babinsa dalam pendampingan pertanian ini adalah wujud dari terlaksananya kegiatan ketahanan pangan di wilayah Koramil 09/Sosa yang telah diprogramkan oleh Pemerintah pusat untuk melaksanakan pendampingan secara terpadu kepada para petani di desa binaan masing-masing,” terangnya.

Sementara itu, Komandan Koramil (Danramil) 09/Sosa dalam setiap pengarahannya kepada Anggota Koramil 09/Sosa menyampaikan, bahwa sebagai Babinsa harus selalu mendorong dan mendukung program pemerintah yang mencanangkan program swasembada pangan, untuk selalu bersama Petani dalam rangka meningkatkan hasil panen.

“ Apabila hasil panen meningkat, maka kesejahteraan dan perekonomian masyarakat semakin membaik dan bisa memenuhi kebutuhan hidup masyarakat itu sendiri,” kata Kapten Arh Saleh Hasibuan.

Sedangkan menurut Ketua Poktan tani jaya Suhutan Pasaribu mengatakan dengan dukungan dan motivasi dari Babinsa akan menjadikan para petani lebih bersemangat untuk meneingkatkan hasil pertaniannya sembari berharap kegiatan seperti ini agar lebih ditingkatkan untuk kedepannya,” pungkasnya.

(Palas, GM/Penrem 023/KS)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TERKINI