banner 468x60

Kopda Safrizal Beri Materi Bela Negara di SMAN 1 Ranto Baek

 PENREM 023/KS
banner 468x60

MADINA (Go Medan)

Dalam menumbuhkan rasa cinta terhadap tanah air, Babinsa Koramil 16/Batang Natal Kodim 0212/TS, Kopda Safrizal Hasibuan memberikan materi Bela Negara kepada Siswa-siswi di SMAN 1 Ranto Baek, Kec. Ranto Baek, Kab. Mandailing Natal (Madina), Sabtu (09-02-2019).

Bela negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dalam menjalin kelangsungan hidup bangsa dan negara yang seutuhnya.

Pada kesempatannya, Kopda Safrizal Hasibuan mengemukakan, pemberian materi Bela Negara kepada SMA ini agar para Siswa-siswi memahami dan mengerti tentang Bela Negara. Sehingga timbul semangat untuk mencintai tanah air, Bangsa dan Negara Indonesia.

Untuk meningkatkan kesadaran Bela Negara, membentuk patriot bangsa yang setia dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa serta senantiasa untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Karena itu, langkah besar harus dimulai dengan memperkuat Pilar Kebangsaan, yakni Pancasila harus mampu dihadirkan secara nyata di tengah-tengah masyarakat dan generasi muda khususnya anak sekolah.

Negeri ini lebih membutuhkan teladan untuk membumikan Pancasila daripada sekadar menformalkannya dalam pendidikan moral Pancasila.

Beberapa materi yang diberikan tentang Pancasila, yakni asal usul dan sejarah Pancasila, mengapa menjadi dasar negara yang pada tanggal 1 Juni diperingati sebagai hari lahirnya dan tanggal 1 Oktober di peringati sebagai Hari Kesaktian Pancasila.

Tujuan diberikan pembekalan tersebut agar Siswa Sekolah tersebut mengerti dan memahami sekaligus bisa mengamalkan dan mengimpletasikan dalam kehidupan sehari hari, dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara kesatuan Republik Indonesia.

Harapannya, Siswa-siswi bisa mengingat kembali sejarah bangsa Indonesia yang sudah ditorehkan oleh pendahulu kita,” ucap Babinsa Batang Natal.

Disebutkannya, sekarang ini pengaruh lingkungan dan pengaruh globalisasi perkembangan jaman semakin tajam. Anak-anak sekolah bisa lupa akan hal tersebut, tugas kita mengingatkan.

” Kami Babinsa punya tugas dan tanggung jawab dalam pembinaan kewilayahan. Kegiatan ini merupakan tugas pokok Babinsa dalam Pembinaan Teritorial,” papar Kopda Safrizal Hasibuan.

Tempat terpisah, Danramil 16/Batang Natal menyampaikan, bahwa kegiatan Bela Negara untuk para generasi muda ini bertujuan membentuk karakter para generasi muda Siswa-i  yang setia, berbakti dan menjunjung nilai Kebangsaan.

“ Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk karakter generasi muda yang setia, berbakti dan menjunjung tinggi Nilai-nilai Keluhuran Bangsa, agar senantiasa tetap menjaga Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” jelas Kapten Inf Slamet.

(Madina, GM/Penrem 023/KS)

banner 468x60

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan