oleh

Babinsa Koramil 13/TT Bantu Cek Saluran Irigasi Bersama Masyarakat

banner 728x90

Teks Gambar: Serka AR. Lubis Saat Membantu Mengecek Saluran Irigasi Bersama Beberapa Masyarakat Kelurahan Mandailing, Kota Tebing Tinggi, Kamis (20-09-2018). (GM/Penrem 022/PT)

 

Loading...

T.TINGGI (Go Medan)

Dampingi Petani, Babinsa Koramil 13/TT jajaran Kodim 0204/Deliserdang, Serka AR. Lubis membantu mengecek saluran irigasi bersama beberapa Masyarakat Kelurahan Mandailing, Kota Tebing Tinggi, Kamis (20-09-2018).

Pada umumnya sungai induk irigasi di Kota Tebing Tinggi relative selalu ada persediaan air, namun demikian dalam rangka mengantisipasi kemarau panjang tidak ada salahnya apabila langkah-langkah efektifitas mulai dilakukan dengan pembersihan saluran pengairan di lahan-lahan persawahan sehingga mampu memberikan suplai secara maksimal dan menjamin kebutuhan tanaman padi untuk dapat tumbuh normal tanpa kekurangan pengairan.

Bersama Kelompok tani Merbau Jaya, Kelurahan Mandailing, Kota Tebing Tinggi mengecek saluran irigasi yang rusak dan kendala apa yang dihadapi, sehingga Babinsa dapat membantu dalam pencegahan kerusakan pada saluran irigasi.

Pada kesempatan tersebut, Danramil 13/TT, Kapten Inf PM Simanjuntak saat dikonfirmasi menyampaikan, bahwa hal tersebut sesuai usulan dari Kelompok tani untuk meningkatkan suplai air di Sawah ada kendala saluran pengairannya yang kurang lancar, sehingga pembagian airnya tidak sampai merata pada areal persawahan yang ditargetkan.

” Untuk itu saya perintahkan kepada Babinsa dan dibantu beberapa anggota lainnya bersama PPL dan Kelompok Tani setempat melaksanakan kerja bakti.

Karena cakupannya hanya pembersihan dan saya lihat tidak terlalu panjang dan ringan sehingga tidak memerlukan banyak personel,” sebutnya.

Berkaitan dengan hal tersebut, Danramil menyampaikan bahwa Kelompok Tani dan Babinsa di Kelurahan Mandailing, Kota Tebing Tinggi ini sudah menyatu, sehingga saat ada kendala-kendala di lapangan mereka sudah saling membicarakan dengan Babinsa maupun PPL untuk segera dicarikan jalan keluarnya.

” Hal-hal seperti ini memang sangat diharapkan kerjasama yang baik, koordinasi yang baik semata-mata untuk meningkatkan produktifitas pertanian, dalam rangka menunjang program swasembada pangan khususnya beras.

Kebersamaan petani, Babinsa dan PPL tersebut disamping sebagai upaya khusus dalam peningkatan produktifitas pertanian juga memiliki makna sebagai wujud kebersamaan antara TNI dan Rakyat,” terangnya.

(T.Tinggi, GM/Penrem 022/PT)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TERKINI