banner 468x60

Babinsa Bantu Rawat Tanaman Jagung Guna Sukseskan Swapang

 PENREM 022/PT
banner 468x60

Teks Gambar: Babinsa Koramil 14/Bandar Pasir Mandoge Kodim 0208/Asahan Saat Membantu Petani Dalam Perawatan Tanaman Jagung Milik Bapak Asnan di Dusun IV, Desa Bandar Pasir Mandoge, Kabupaten Asahan, Jum’at (18-05-2018). (GM/Penrem 022/PT)

 

ASAHAN (Go Medan)

Guna merawat tanaman jagung yang baru ditanam maka diperlukan tindakan penyiangan terhadap rumput/gulma yang berada di antara sela-sela tanaman jagung. Seperti yang dilaksanakan Serda A. Gultom dan Kopda P. Sormin Babinsa Koramil 14/Bandar Pasir Mandoge Kodim 0208/Asahan yang membantu Petani dalam perawatan tanaman jagung milik Bapak Asnan di Dusun IV, Desa Bandar Pasir Mandoge, Kabupaten Asahan, Jum’at (18-05-2018).

Memilih benih benih bermutu merupakan syarat utama untuk mendapatkan panen yang maksimal. Disebut benih bermutu; jenisnya murni, bernas, kering, sehat, bebas penyakit dan campuran biji rumput yang tidak dikehendaki. Kriteria ini biasanya menghasilkan tanaman sehat, kekar, kokoh dan pertumbuhan yang seragam dan pemilihan lahan yang baik, lahan yang baik adalah lahan yang kering, berpengairan cukup, lahan tadah hujan, lahan gambut yang telah diperbaiki atau lahan basah bekas menanam padi. Agar tumbuh dan berproduksi dengan baik Jagung harus ditanam di lahan terbuka yang terkena sinar matahari penuh selama 8 jam.

Kita ketahui bersama bahwa rumput/Gulma adalah tumbuhan yang kehadirannya tidak diinginkan pada lahan pertanian karena menurunkan hasil yang bisa dicapai oleh tanaman produksi. Hal inilah yang mendasari Babinsa Koramil 14/Bandar Pasir Mandoge untuk turun langsung ke sawah membantu Petani membersihkan rumput/gulma.

Waktu kegiatan tersebut, Serda A. Gultom menyampaikan kegiatan ini akan rutin dilaksanakan sehingga nantinya hasil panen bisa lebih optimal sesuai dengan yang diharapkan oleh Petani,” tutur Babinsa.

(Asahan, GM/Penrem 022/PT)

banner 468x60

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan