banner 468x60

Kajasrem 023/KS: Renang Militer Juga Syarat Untuk UKP

 Hankam
banner 468x60

Teks Gambar: Prajurit Korem 023/KS Saat Melaksanakan Renang Militer di Kolam Renang SMA Mata Uli Pandan, Tapteng, Selasa (08-05-2018). (GM/Penrem 023/KS)

 

SIBOLGA (Go Medan)

Pengajuan dalam UKP (Usul Kenaikan Pangkat), selain diharapkan setiap Prajurit harus lulus lari 3.200 meter (Samapta A) sesuai kategori umur dan melaksanakan Samapta B terdiri Pull Up, Sit Up, Push Up dan shuttle run secepat-cepatnya, Renang militer juga merupakan persyaratan mutlak untuk UKP.

Disebabkan karena berenang merupakan keterampilan dasar yang harus dimiliki oleh seorang Prajurit, dengan kemampuan renang yang baik Prajurit tidak akan mengalami kesulitan dalam melaksanakan tugas yang berhubungan dengan air. Seperti ada penyebrangan sungai latihan pendaratan laut dan latihan air lainnya.

Guna mewujudkan hal tersebut, sebanyak 268 orang Prajurit tingkat Bintara dan Tamtama yang akan di Usul Kenaikan Pangkat (UKP) Periode 10 Oktober 2018 dari Makorem 023/KS dan jajaran Kodim -kodim, setelah melaksanakan Test Samapta di Lapangan Makorem 022/KS, dilanjutkan test renang militer dasar dengan jarak 50 meter di Kolam Renang SMA Mata Uli Pandan, Tapteng, Selasa (08-05-2018).

Sebelum melaksanakan kegiatan renang, terlebih dahulu kalangan prajurit melakukan pengecekan kesehatan yang dilaksanakan oleh Tim Kesehatan dari Detasemen Kesehatan Wilayah 01.04.02 sibolga untuk pengecekan tekanan darah dan denyut nadi yang diawasi langsung oleh Tim Asistensi dan Pengawasan Tim Garjas, Postur dan Renang Militer Dasar dari Mabesad, Letkol CAJ (K) Hesty Supriyanti dari Mabesad dengan Jabatan sehari-hari Kabag Tapsah Ditajenad didampingi Kasrem 023/KS, Letkol Inf I Gusti Ketut Artasuyasa.

Untuk melaksanakan berenang dengan baik maka terlebih dahulu harus dimulai dengan latihan pemanasan, mulai dari gerakan kaki, kepala, lengan, pinggang dan gerakan pernapasan. Tim Jasrem juga sudah menyiapkan tindakan keamanan seperti pengecekan tempat latihan (Kolam Renang), menyiapkan peralatan P3K. dan telah mempersiapkan alat penolong yang dapat digunakan setiap saat.

Kajasrem 023/KS, Kapten Inf H. Sirait menjelaskan bahwa, setelah melaksanakan samapta A dan B dilanjukan tes ketangkasan renang militer di Kolam Renang SMA Mata Uli, kesemaptaan ini sangat mutlak diperlukan untuk mengetahui kemampuan jasmani para prajurit guna memenuhi persyaratan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi dari pangkat sebelumnya.” ungkapnya.

Ia menambahkan, bagi Prajurit agar dapat lulus dengan baik, sebelumnya sudah latihan sesuai kemampuan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut. Saat ini tinggal tes bukan latihan langsung penilaian sesuai kategori kelompok umur, kalau lulus dapat diajukan dalam UKP, perjuangkan hasil yang terbaik dari diri sendiri karena renang militer juga merupakan persyaratan mutlak untuk UKP,” kata Kajasrem 023/KS disela-sela kegiatan berlangsung di kolam renang.

(Sibolga, GM/Penrem 023/KS)

banner 468x60

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan