banner 468x60

Bersihkan Lahan Jagung, Kelompok Tani Dibantu Babinsa Koramil 01/SGL

 Pertanian
banner 468x60

Teks Gambar: Koramil 01/SGL Babinsa, Pelda Yudi dan Serda Indra Susanto Babinsa Pujimulyo Ketika Membantu Kelompok Tani Membersihkan Rumput di Tanaman Jagung Terletak di Dusun 8, Desa Pujimulyo, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang, Selasa (08-05-2018). (GM/Penrem 022/PT)

 

D.SERDANG (Go Medan)

Dalam melaksanakan hanpangan membantu membersihkan rumput di sela-sela tanaman Jagung di lahan Bpk Syarial Nasution dengan luas 6000 M terletak di Dusun 8, Desa Pujimulyo,Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang, Kelompok tani Pujimulyo dibantu Koramil 01/SGL Babinsa, Pelda Yudi dan Serda Indra Susanto Babinsa Pujimulyo, Selasa (08-05-2018).

Kegiatan pendampingan tersebut juga dihadiri Danramil, Kapten Czi Januliston Damanik, KUPT, Ahmad dan PPL, Abdulrahman Pane.

Salah satu upaya yang dilakukan Babinsa bersama Petani yaitu dengan cara dibersihkan atau dicabut sampai ke akarnya. Tanaman jagung yang berumur kurang lebih satu bulan biasanya banyak ditumbuhi gulma berupa rumput liar dan tanaman jenis rumput yang lainnya. Hal ini akan sangat mengganggu perkembangan dan pertumbuhan tanaman padi.

Diketahui ada beberapa hal yang dilakukan para petani dalam membersihkan gulma diantaranya dengan cara manual/tenaga manusia yaitu dicabut menggunakan tangan dan alat-alat sederhana. Selain itu gulma juga bisa dikendalikan secara kimiawi dengan menggunakan herbisida baik yang bersifat kontak maupun sistemik. Namun dalam penggunaan herbisida harus memenuhi lima kriteria tepat yaitu tepat jenis, tepat sasaran, tepat dosis, tepat waktu dan tepat cara.

Keuntungan pembersihan gulma dengan dicabut menggunakan tangan adalah gulma tersebut bisa dijadikan pupuk alami yaitu setelah dicabut kemudian gulma tersebut ditanam atau dibenamkan di sela-sela tanaman, dan kalau sudah membusuk akan menjadi pupuk alami,” kata Pelda Yudi.

(D.Serdang, GM/Penrem 022/PT)

banner 468x60

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan