banner 468x60

Selain Hama Tikus, Burung Juga Resahkan Petani

 Kuliner
banner 468x60

Teks Gambar: Serda Suwarno Saat Memasang Jaring-Jaring di Persawahan Milik Bapak Sardi yang Terletak di Nagori Silinduk, Kecamatan Dolok Batu Nanggar, Kabupaten Simalungun, Kamis (26-04-2018). (GM)

 

SIMALUNGUN (Go Medan)

Selain hama tikus yang menjadi musuh Petani, burung juga meresahkan para petani. Bila padi sudah mulai menguning, burung akan berdatangan memakan padi yang beberapa hari lagi akan di panen.

Selaku pendampingan, Babinsa Koramil 05/Sbl jajaran Kodim 0207/Simalungun, Serda Suwarno kemudian membantu Petani menanggulangi burung dengan memasang jaring di persawahan milik Bapak Sardi dengan luas lahan 5 Rante di Nagori Silinduk, Kecamatan Dolok Batu Nanggar, Kabupaten Simalungun, Kamis (26-04-2018).

Hal yang dilakukan pendampingan tersebut bertujuan untuk mengendalikan serangan burung yang sering mengganggu tanaman padi sehingga mengakibatkan hasil dari tanaman padi tersebut berkurang. Dengan memasang jaring-jaring untuk mengamankan tanaman padi dari serangan burung dianggap paling efektif karena burung akan tersangkut di atas jaring-jaring sehingga menimbulkan efek jera.

” Pendampingan pemasangan jaring-jaring bertujuan untuk mengurangi serangan hama burung yang sering mengganggu tanaman padi. “Selain tanaman padi kita juga untuk mengurangi serangan hama tikus,” sebut Serda Suwarno disela-sela melaksanakan kegiatan tersebut.

Dijelaskannya, seorang Babinsa memang mempunyai tanggungjawab untuk terus mendampingi sekaligus mengarahkan dan memberikan solusi kepada para petani dalam penanaman hingga dengan penjualan hasil panen.

“ Kami sebagai babinsa diharuskan untuk selalu bisa mendampingi tanpa ada yang meminta,” ucap Serda Suwarno sembari menambahkan, Babinsa dengan ikhlas selalu senantiasa mendampingi Masyarakat maupun Petani di wilayah yang sudah menjadi binaannya.

(Simalungun, GM)

banner 468x60

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan